Pengujian bahan baku atau sebuah produk material

Pengujian Bahan Baku atau Sebuah Produk

Pengujian sangat penting untuk mengetahui karakteristik bahan baku atau produk.  Dimana pengujian termasuk quality control menyangkut sebuah kwalitas barang tersebut.
Pengujian identik dengan analsis sebuah produk berdasar standarisasi berdasarka percobaan.
Standarisasi yang diakui dipakai dunia diantaranya :
ASTM
JIS
IEC
DIN
SIN
Pengujian ada beberapa macam diataranya :
Pengujian Secara visual jika kita membeli sebuah produk itu penting kita mengetahui visual benda tersebut sesuai tidak berdasarkan kasat mata. Bisa jadi keropos apa tidak ada goresan apa tidak, dan bekas pemakaian atau tidak sebuah produk.
Pengujian Secara dimensi yang dimaksud adalah dimensi ukuran benda tersebut sesuai tidak dengan standard produk tersebut.  Peujian dimensi itu menggunakan alat ukur panjang tampa merusaknya
Pengujian mekanik yaitu pengujian yng dilakukan dengan cara diuji menggunakan alat tampa merusaknya dan ada juga yang di uji dengan cara merusaknya cotoh pengujian mesin pompa air itu pengujian dengan cara menggunakan alat daya sedot berpa kecepatan sedot pompa tersebut tampa merusak pompa tersebut dan sedangkan yang contoh benda yang harus dirusak tembaga pengujian mekaniknya harus dirusak karna agar kita mengetahui kekerasan beda tersebut maka harus kita tari menggunakan mesin tarik hingga iya terputus.
Pengujian secara elektrical yaitu pengujian menggunakan listrik berfungsi sebagai mengetahui penghantar benda atau tahanan benda tersebut contoh tembaga mempunya daya hantar maka kita harus hantarkan listrik. semakin kecil tahanannya semakin besar daya hantar listriknya,  semakin besar tahanannya maka semakin kuat menahan daya hantar listrinya.
Pengujian secara pencocokon certification analisis dikarnakan keterbatasan alat uji maka kita perlu pencocokan antar hasil uji dari lab produk tersebut dengan standarisasi dunia seperti astm, jis,din dll.
Pengujian secar kimia yaitu pengujain agar mengetahui unsur kandungan atau komposisi beda tersebut. Cotohnya bensin mengandung timbal apa tidak titik didihnya berapa densitynya berapa dll.
Alat-alat uji sangat banyak tidak bisa saya sebutkan satu persatu tapi sebagai contohnya :
Pengujian panjang  lebar menggunakan mereran dan mistar
Pengujian ketebalan disebut dengan thickness menggunakan sigmat, mikro, diel dll
Pengujian Diameter menggunaka sigmat,  mikro, diel dll
Pengujian berat menggunakan timbangan.

 Ternyata pengujian itu sangat penting selain untuk mengetahui karakteristik benda dan agar bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan kita.

No comments:

PE Jack atau PE Sheating

PE Jack atau PE sheating adalah sebuh penamaan untuk pelastik yang digunakan untuk pembingkus bagian luar contohnya  Jika sebuah kabel terba...