Persiapan atau perlengkapan lahiran

  Apa yang harus dipersiapkan untuk dede bayi yang akan lahir?. Yang pasti uang hehehehe.  Maklum kalau kita baru pertama kali untuk memomong seorang bayi atau kita itu belum berpengalaman untuk persiapan bayi. Iya sudah saya akan berbagi sepengetahuan saya persiapan/perlengkapan pada saat bayi akan lahir diantaranya:

1. Popok bayi atau kain bedong  
     Untuk persiapan popok saya sarankan beli 3 lusin atau 36 buah popok. Mengapa begitu banyak??  Iya karna bayi akan sering buang air kencing sehari saja meng habiskan sepuluh buah kain kadang bisa lebih,  Jadi 36 buah kain bedong sudah mencukupi misalkan sehari bayi kencing 15 x maka kain bersih aka 20 jadi untuk proses pencucian terpenuhi, iya bisa kita sebut ga bakalan keteteran pada saat pencucian untuk popok.  Note: ketika bayi kecing segera ganti dengan popok yang bersih agar tidak iritasi pada kulit bayi.
2.  Celana bayi 
      Celana bayi itu pilih yang masih pakai tali sebagai pengikat pinggangnya atau disebut celana lower. Untuk persiapan celana lower itu sebanyak sama kaya popok yaitu 3 lusin 36 buah dikarnakan sama kaya penjelasan kain  bedong. 
3. Baju bayi
     Untuk baju bayi sebanyak 1 lusin baju pendek dan 1 lusin baju panjang. Paju pendek digunakan untuk musin kemarau sedang kan baju panjang digunakan untuk musim dingin dan dimalam hari. Tolal baju 2 lusin juga cukup karna bayi baru 0 - 6 bulan mandinya cuma 1 kali sehari jadi penggunan baju ga begitu mayak sama ditambah ganti baju ketika baju sang bai terkena air kencing saja. 
4. Selimut bayi 
     Untuk selimut sebayak 7 buah saja.  Cari lah selimut yang mudah meyetap air dan tak lupa lembut untuk kenyaman bayi.  
5.  Sarung tangan dan kaki
     Untuk sarung tangan dan kaki masing-masing sebayak 7 pasang.  Pilih sarung tangan dan kaki yang menggunakan karet lembut dan kuat agar tidah mudah copot pada saat dipakai oleh bayi. Fungsi sarung tangan menjaga cakaran tangan bayi ke pada muka sedangkan fungsi sarung kaki untuk kehangatan sang bayi. 
6.  Topi bayi
      Untuk topi bayi sebanyak 5-7 buah. Belilah topi bayi yang menggunakan tali di ikat keleher karna penggunan lebih mudah dan tidak membuat cepat copot posisi topinya. 
7. Gurita bayi
     Untuk gurita bayi sebanyak 1 lusin. Gurita ga perlu banyak karna penggunaannya ga begitu banyak. 
8.   Tempata tidur bayi
       Untuk tempat tidur bayi cukup 1 buah. Memilih tempat tidur itu perlu yang ada kelambunya agar bayi pas saat tidur terlindungi dari serangga seperti nyamuk dll. 
9. Seprai karet 
     Untuk seprai karet cukup 1 buah berfungsi untuk memblock air kencing bayi ke tempat tidur bayi. 
10.   Bak mandi bayi 
         Untuk bak mandi cukup 1 buah
11.  Botol susu 
        Untuk botol susu cukup 2 buah untuk susu tambahan dimalam hari karna jika dimalam hari ibu ngantuk bisa di seling sama susu botol. 

Itu semua baru untuk persiapan dede bayi sedangkan untuk ibu yang sudah melahirkan dia dan sebelumnya yang harus dipersiapkan antara lain :

1.  Kain samping panjang
      Sebanyak 10 buah dikarnakan pada saat persalinan membutuhkan bayak kain samping untuk mengelap darah sang ibu pada proses persalinan. 
2.  Kain sarung wanita 
      Sebanyak 3 buah untuk pada saat melahirkan tidak menggunakan celana tetapi sarung untuk memper mudah ibu pada saat mau buang air besar dan  buang air kecil. 
3.  Gurita ibu persalinan 
     Cukup 1 buah saja.  Berfungsi untuk menjaga rahim sang ibu terhadap getaran dan goncangan di perut. 
4. Beber 
     Beber cukup 1 buah sepanjang 7 meter.  Berfungsi sama seperti gurita  terapi lebih kencang dibandingkan gurita. 
5. Jamu bersalin
      Jamu bersalin nyonya menir cukup 1 bok kumpilit.  Berfungsi untuk penambah tenaga stamina sang ibu dikarnakan sang ibu begitu berat merawat sang bayi. 

Demikian pengetahuan dari saya semoga bermanfaat dan bila ada salah kata saya minta maaf


No comments:

PE Jack atau PE Sheating

PE Jack atau PE sheating adalah sebuh penamaan untuk pelastik yang digunakan untuk pembingkus bagian luar contohnya  Jika sebuah kabel terba...