Pemasangan kabel instalasi listrik yang baik

 Pemasangan intalasi kabel listrik memang sekilas mudah namun kita harus memperhatikan beberapa hal diantaranya :

1. Pastikan aliran listrik 

Mungkin sebagian orang mengetahui tentang aliran listrik. aliran listrik tergolong dari proton dan neutron. Diantara proton (+) dan neutron (-) yang paling berbahaya untuk manusia bila tersengat/teralilir proton (+) maka manusia tersebut akan menyebabkan kematian jika aliran tersebut bertegangan tinggi. Makan untuk pemasangan sangat penting mengetahui dimana aliran proton (+) mengalir dan di mana nutron (-) mengalir. Untuk membedakan aliran nya kita bisa menandakan kabel/penghatar dengan warna, atau penanda serti no kabel. 

 Dengan memastikan aliran listrik kita akan mudah mengetahui penginstalannya. Dan kita akan bisa beransumsi dimana aliran yang berbahaya dan mengurangi kesalahan pemasangan. Serta membuat safty terhadap pemasangan. 

2. Pemasangan saklar

Saklar berpungsi sebagai pemutus listrik namun masih banyak sebagian orang tidak mengetahui pemasaran saklar yang baik. Pemasangan saklar yang baik yaitu pemutusan di bagian aliran listri yang bermuatan proton (+) dikarnakan jika pemutusan aliran listrik bermutan neutron maka sangat tidak epekti dikarnakan listrik tersebut didak berbahaya untuk manusa dan tidak berpunsi sebagai pemutus yang baik. 

Contoh: jika seseorang memutuskan aliran neutron maka aliran proton masih bisa mengalir ke suatu benda dan benda tersebut jika di pegang manusia akan menyebabkan tersengatnya listrik. 

Untuk memahami seberapa penting intalasi listrik akan saya kasih contoh sebuah kasus

Hari minggu mesin sanyo pompa air saya rusak nah saya cek kabel kabel jalur pompa dan ternyata tidak ada yang rusak dan sebelumnya saya tidak menggunakan alat test kerusakan kabel atau kata lainnya saya tidak menggunakan Multytester untuk pengecekan kabel tersebut dan saya yakin bahwa kabel saya tidak rusak namum mesin pompa air tersebut tidak menyala dan akhirnya saya putuskan pompa sanyo saya rusak. 

Padahal setelah saya ganti pompa air baru ternyata masih saja tidak menyala. Dan sebelumnya saya pernah tersengat arus listrik pada saat pengecekan pompa yang rusak. 

Alhasil tenyata aliran listrik positifnya nya itu tidak putus namun aliran listrik negatifnya saja yang putus. 

Dan saya berpikir teryata pentingnya intalasi jalur arus listrik itu. Hingga saya ceroboh dalam pengecekan kabel. Karna bel listrik selalu pada umumnya menggunakan 2 jalur yaitu positif dan negatif. 

Dari hasil diatas jika aliran positif ada maka arus tegangan tetap ada dan dapat berbahaya bagi lingkungan dan manusia dan jika aliran negatif atau netral itu tidak mempengarusi namun tetap wajib harus ada agar bisa merubah enegi karna aliran listrik itu harus ada positif dan negatif jika ingin menggunakan energi tersebut

Contoh diatas apa kalian mengerti? 


No comments:

PE Jack atau PE Sheating

PE Jack atau PE sheating adalah sebuh penamaan untuk pelastik yang digunakan untuk pembingkus bagian luar contohnya  Jika sebuah kabel terba...