apa itu sigmat

Sigmat merupakan alat ukur berupa mistar geser yang memiliki ketelitain tinggi. Kata lain Sigmat yaitu mistar geser dan vernier caliper. kebantakan sigmat digunakan untuk penfukuran-pengukuran pengerjaan logam karena memiliki ketelitan tinggu. satuan pengukuran sigmat yaitu mm dan inchi.
Bagian-bagian Sigmat diataranya :
  1. Mistar yaitu tempat skala utama ditempatkan dan memiliki satuan mm dan inci.
  2. Kaki pengukur tetap yaitu merupakan satu kesatuan dan membentuk sudut suku-siku dengan mistar atau titik poin Zero.
  3. Kaki pengukur yang dapat digeser yaitu tempat skala nonius yang di tetapkan dan memiliki sudut siku-siku yang menghadap ke kaki pengukur tetap.
  4. Lidah penguku yaitu jarum pengukur kedalam lubang yang berada dibelakang mistar pengukur titi Zero berda pada ujung Mistar skala.
Kebanyakan sigmat digunakan untuk :
  1. mengukur diameter luar (OD) benda kerja 
  2. menukur diameter dalam (ID) benda kerja
  3. mengukur panjang benda kerja 
  4. mengukur lebar benda kerja
  5. mengukur tebal benda kerja
  6. mengukur kedalaman lubang benda kerja
Skala pada mistar ada 2 (dua) yaitu
  1. Skala Utama
  2. Skala Nonius
Jenis sigmat ada 2 ( dua ) yaitu
  1. Sigamat biasa yaitu biasanya sigmat yang bisa di baca pengukurannya secara manual.
  2. Sigmat digital yaitu sigmat yang pembacanya sudah dalam digital dan tidak harus membaca skalanya namun sekalanya hanya sebagai verifikasi kesuaian alat ukur tersebut. sigmat digital sangat efisien namun harganya lumayan mahal.
Cara penggunaan sigmat yang baik dan benar diantaranya  :
  1. bersihkan dari kotoran pada sigmat di seluruh bagian agar tinggkat ketelitian hasil pengukurannya akut
  2. Periksa kedudukan titik zero skala sejajar dengan nol. dan untuk digital setting titik awal Zero dengan menekan tombol zero dan posisi garis ujung pengukuran benar zero
  3. benda tidak lebih dari panjang maksimal sigmat.
  4. seuaiakan penggunaan benda kerja yang akan diukur dengan menggunakan bagian-bagian pengukuran sigmat.
Ketelitian pengukuran sigmat atau nilai ketelitiannya ada 4  yang saya ketahui diantaranya :0.01mm, 0.02mm, 0.05mm dan 0.1mm

cara memperbaiki sok depan satra fu kendaraan bermotor

sok motor depan terdiri dari beberapa item diantaranya :

  1. Rumah As
  2. AS sok
  3. Per Sok 
  4. As pengunci  
  5. Minyak Sok
Kebanyakan dari pengendara sepeda bermotor mungkin tidak pernah merawat AS depan kendaraan bermotornya hingga menjadikan AS sok depan rusak atau bocor.

Ketika AS depan rusak akan mengakibatkan ke tidak nyaman saat berkendara dan akan berakibat buruk. Kerusakan Sok depan kebanyakan di bagian As sok tergores yang di akibatkan oleh kotoran dan minyak Sok yang telah kotor.


Jika sok depan pada as tergores maka hanya ada satu cara yaitu mengganti As Sok depan dan harganya tergolong mahal. bagi yang berpenghasilan kurang kebanyak di abaikan padahal jika tidak mengganti dengan As Sok depan baru kerusakan akan betakibat patahnya As sok depan kendaraan bermotor tersebut.


As Sok yang telah bocor mengakibatkan minyak sok depan tiris/berkurang atau habis. jika minyak as habis maka akan timbul bunyi ketika ada polisi tidur serta ban depan kendaraan bermotor tidak stabil.

Cara memperbaiki As Sok depan yang rusak yaitu dengan cara diantaranya :

  1. Menggati As Sok depan kendaraan ada
  2. Menganti minyak Sok depan biasanya di setiap botol ada takarannya ikuti petunjuk takaranya 
  3. Menggati Sil As sok depan inner diameter sesuai dengan diameter As sok dan outer diameter sil sesuai dengan diameter dalam As rumah sok.
  4. Siapkan alat servis As yang lengkap jika kurang lengkap maka bawalah ke bengkel servis saja 

Dari kerusakan diatas kita dapat kesimpulan jaga kebersihan As Sok depan agar tidak terkena debu dan plek kotoran harus dijaga. serta rutinitas kan mengganti minyak As Sok  Depan kedaraan bermotor anda. untuk menggati minyak Sok depan max 1 tahun sekali diganti. agar tidak mudah tergoler atau dadas pada As sok depan kendaraan bermotor.

Jika kendaraan kita sehat kita pun senang dikarnakan kendaraan bermotor bisa di bilang tiang pikul kita yang harus dijaga dan di rawat. atau kata lainnya lebih baik mencegah dari pada As Sok kita rusak hehehehe.

Semoga bagi pengendara motor lebih memperhatikan kedaraannya agar nyaman dan sefty selalu dalam berkendara.


Standarisasi yang ada di Indonesia

induk dari standarisasi yang ada di indonesia yaitu BSI yang arinya bukan pakultas BSI tapi yang artinya Badan Standarisasi Indonesia (BSI).

Badan Standarisasi Indonesia (BSI) mencakup/tergolong dari beberapa bagian dan masing-masing memiliki Sertifikation diantaranya :
1. KAN
KAN merupakan singkatan dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) Adalah lembaga non struktur (LNS) yang bertanggung jawab di bidang Akreditasi.
2. Mastan Masyarakat 
3.Ristek Dikti
4. INSW
5. World Trase Oranization
6. ISO
7. CODEX Alimentarius 
8.ASEAN
9.ASTM


PE Jack atau PE Sheating

PE Jack atau PE sheating adalah sebuh penamaan untuk pelastik yang digunakan untuk pembingkus bagian luar contohnya  Jika sebuah kabel terba...